Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Utama Menjadi Seorang Pebisnis

 Berawal dari teman-teman saya ketika SMA yang kebanyakan mau kerja kantoran (alias PNS). Yah, nggak ada salahnya sih malahan bagus. Dengan gaji yang tetap dan konsisten, yah gitu-gitu aja (kalau nggak ada bisnisnya). 


Kok kenapa jaramg banget yang mau jadi pengusaha? Atau pebisnis? Yah, mungkin yang ada di mindsetnya. Kalau jadi pengusaha itu susah, butuh modal yang banyak, karyawan, dan takut akan kerugian yang melimpah. 

Saya pun pernah berfikir demikian, tapi setelah berjalannya waktu. Ternyata bisnis bukan hanya bagi mereka yang punya cuan yang melimpah. Tapi, bisa bagi semua kalangan usia walau tak memiliki modal sama sekali. Hanya bermodal nekat dan keahlian yang berbuah nilai, sudah bisa jadi cuan yang dibayar oleh orang lain. 

Menjalankan bisnis sebetupnya bukan hal yang sulit, sisa bagaimana kita mau konsisten terhadap apa yamg kita mulai. Setelah itu, kita mengembangkan usaha kita agar tidak hanya berjalan begitu saja. 

Memang sih butuh proses lebih, karena perjuangan ini sebanding dengan apa yabg nantinya kita dapatkan. Kalau perjuangan kita hanya setengah-setengah. Maka, yang kita dapatkan juga hanya setengah. Itulah mengapa kita harus serius menekuni dunia bisnis ini. 

Kalau kita yang dulunya memandang kalau seorang pebisnis itu adalah orang yang sudah memiliki darah atau keturunan pebisnis (ia berbakat dalam bisnis). Kamu salah besar. Karena, bisnis bukan perkara bakat, tapi keahlian. Jadi, hal ini bisa kita latih.  Kalau kita latih dengan konsisten, maka skill bisnis kita akan meninggat seiring jam terbang.

Jangan sampai hal tersebut yang kamu pikirkan dan membuatmu malas dalam melakukan sebuah usaha, walau usaha itu hanya usaha sampingan. Agar jiwa bisnis kita bisa bangkit, maka perlu alasan lebih kenapa kita harus berbisnis? Sehingga, alasan tersebut bisa kita pertimbangkan nantinya. 

Ada beberapa hal yang bisa mendorong kita untuk melakukan aktivitas bisnis, antara lain: 

1. Penghasilan Meningkat
Nah, penting kita bangun suatu mindset pengusaha. Kalau kita bekerja lebih untuk suatu hal, maka penghasilan akan meningkat seiring berjalannya waktu. Penghasilan itupun bisa memberi kebahagiaan dan nilai yang positif bagi keluarga kita. 

Kalau kita hanya berpatokan sama gaji tetap yang tak seberapa, maka lebib baik kita mencari bisnis agar penghasilan bertambah. Karena, kita bisa memberi kebahagiaan bagi orang lain melalui diri kita sendiri. 

2. Membantu Orang Lain
Wah, pasti anda senang kan kalau bisa memberi efek bahagia bagi orang lain. Salah satu alasan kenapa harus berbisnis adalah kita bisa membantu orang lain dalam menemukan pekerjaan, karena kita bisa membuka lapangan kerja bagi mereka jika usaha kita berjalan dengan baik. 

Kalau hanya mengandalkan pemerintah dalam hal pekerjaan. Saya rasa sangat fatal, karena pemerintah tidak terlalu menjamin anda. Walaupun kamu lulusan S2 dan tidak mendapat lapangan kerja. Makanya, penting untuk kita mencari dan membuat usaha yang tak hanya bermanfaat buat diri kita sendiri.

3. Modal Hari tua
Kita bisa mengumpulkan dana pensiun atau uang yang bisa menjadi keberlangsungan hidup orang tersayang kita. Atau biasa kita kenal dengan istilah dana pensiun. Kalau kita sudah tua, maka sudah sulit melakukan bisnis, apalagi kalau tidak ada karyawannya (hanya personal).

Ingat selalu, agar kita membangun usaha yang tak hanya bernilai bagi diri kita, tapi usaha yang bisa bernilai bagi orang lain.